Rabu, 22 Februari 2012

FUNGSI HIDUNG

Setiap manusia yang hidup dan bernafas pasti memiliki organ yang satu ini. Dialah hidung, adalah salah satu dari lima panca indera yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada kita. Meski secara kasat mata hidung hanya berupa organ yang menonjol di wajah dan memiliki dua lubang, namun tahukah Anda bahwa hidung selain berfungsi dalam sistem respirasi, dia juga memiliki fungsi lain dan merupakan sebuah alat yang canggih. Berikut ini ada beberapa fungsi “canggih” yang dimiliki oleh hidung, mungkin sebagian dari Anda belum mengetahuinya untuk itu silakan dilanjut membacanya. 

1.      Alat Penghangat dan pelembab udara
Tugas ini dijalankan oleh lapisan lendir yang di bagian dalam hidung dengan cara melepaskan uap air. Pembuluh kapiler yang terletak persis di bawah lapisan lendir membantu menghangatkan udara melalui saluran ini. Sehingga saat cuaca dingin, udara yang kita hirup dapat dihangatkan dan sebailknya saat cuaca panas maka hidung dapat melembabkan udara yang kita gunakan untuk bernafas. Cara kerja perangkat ini bagaikan alat pengatur udara yang mengatur suhu dan kelembaban udara. 

2.  Penjaga Gerbang menghadapi kuman dan debu
Saat kita bernafas, mungkin secara tidak sadar kita menghirup debu atau partikel lain yang mengandung kuman dan membahayakan tubuh. Fungsi lain dari hidung adalah menjadi penjaga pintu gerbang menghadapi partikel berbahaya dan butiran debu yang hendak masuk ke dalam tubuh. Butiran ini terperangkap oleh lapisan lendir dan kemudian oleh silia, organ yang mirip rambut. Lendir yang dipenuhi bahan-bahan berbahaya ini didorong oleh silia ke arah tenggorokan. Lalu dikeluarkan dari tubuh melalui batuk atau akan tertelan dan dihancurkan oleh asam lambung. Lapisan lendir dan silia bekerja layaknya sebuah pusat pembersihan kimiawi yang dibangun di dalam tubuh kita.

3.  Laboratorium Analis Kimia
Kita bisa mencium harumnya bunga, sedapnya aroma makanan yang membangkitkan selera makan kita. Atau bau busuk sampah yang membuat kita merasa jijik. Ya, kita mampu mengenali segala macam bau dan aroma melalui hidung. Hidung kita layaknya sebuah laboratorium analis kimia yang dapat mengidentifikasi setiap bau yang masuk melaluinya. Bau, sebenarnya adalah molekul-molekul kimia yang terlarut dalam udara. Saat kita bernafas sebagian udara akan dialirkan menuju sel-sel syaraf penerima bau oleh tulang hidung. Sel-sel syaraf penerima di bagian ini lalu mengirimkan pesan yang mereka terima dari molekul bau ke otak. Pusat penciuman di otak akan menganalisa pesan-pesan dari beragam sel syaraf penerima. Inilah yang kemudian memunculkan apa yang kita rasakan sebagai “bau”. Pusat data dalam otak kita dapat mengebali sampai dengan 10.000 bau yang berbeda. Dan hebatnya, semua proses itu hanya berlangsung dalam hitungan detik.
Well, itulah beberapa kecanggihan dari hidung kita. Maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pemilik hidung untuk bersyukur dan merawatnya dengan baik karena sejatinya itu adalah anugerah besar dari Tuhan yang Maha Pencipta untuk kita
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar